perhiasan tiongkok

Mengejutkan! Seorang Warga Menemukan Perhiasan Emas di Gunung Totek?

Balai Konservasi Warisan Budaya (BPCB) Kalimantan Timur masih mencari lokasi bersejarah di Gunung Totek, Kampung Dusun Kecil, Kecamatan Pulau Maya , Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

“Dari hasil tersebut, kita sudah bisa mendapatkan data berupa stupa relief dengan catra, maka kita sudah bisa mengidentifikasi relief yang petanya mungkin diukir di atas batu,” kata Kepala BPCB Kaltim.

Dan di lain pihak, Tim BPCB juga sedang mencoba berkomunikasi dengan penduduk setempat bertujuan untuk mengeksplorasi informasi dan menemukan barang antik. Tim berhasil mendapatkan sisa sisa keramik dan emas dari peninggalan sejarah.

“Kami juga bisa mendapatkan beberapa artefak, termasuk manik-manik, anting, cincin, dan barang lainnya yang akan kami perkenalkan,” katanya.

Dia memperkirakan benda-benda itu berasal dari pedagang Cina yang akan melakukan perdagangan ke Jawa tapi berhenti di Kepulauan Maya dan tinggal selama beberapa bulan sambil menunggu cuaca cerah untuk dilalui.

“Ini adalah hal yang sangat menarik, apakah di Gunung Totek pernah mengunjungi pedagang dari China atau sudah ada penduduk lokal, dan inilah yang kita butuhkan untuk ditunggu,” katanya.

Hubungan Perdagangan

Budhy menjelaskan, secara umum, hubungan perdagangan antara orang-orang di nusantara dan pedagang China sudah dimulai sejak abad ke 6 sampai abad ke-16 hingga ke-17, pada masa pemerintahan Sriwijaya dan Majapahit. Namun, dia belum menentukan apakah temuan itu berasal dari periode itu.

“Nah, kita akan belajar lebih mendalam, tapi jika melihat toples serpentine keramik atau terfragmentasi, itu berasal dari abad ke-13 sampai 14,” kata Budi.

Disertai dengan Wilayah Kebudayaan Distrik Kayong Utara, Tim BPCB akan mengamankan situs bersejarah dengan menyediakan pagar dan atap untuk menghindari cuaca yang disebabkan oleh iklim yang ekstrem dan bervariasi.

 

Baca juga : Harga emas hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *