Cara Mempercepat Android yang Mulai Lemot

Cara Mempercepat Android yang Mulai Lemot – Bagi Anda pengguna smartphone Android, bisa jadi Anda mulai merasakan hape semakin lama kok semakin lemot. Hal tersebut tentu begitu menjengkelkan bukan? Smartphone lemot ini juga bisa melanda kamu pengguna smartphone high end, tidak hanya low end yang mempunyai spesifikasi yang lebih rendah.

Hape yang lemot tersebut biasanya sangat terasa saat streaming Youtube, main game berat, bahkan saat berpindah antar aplikasi dengan aplikasi yang lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa cara untuk mempercat android agar kamu tidak lagi merasakan lag dan lambat terutama bagi kamu yang smartphone nya termasuk kategori low end.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda tempuh supaya smartphone kesayangan Anda menjadi cepat dan prima kembali.

Bersihkan RAM (Random Access Memory)

Biasanya hape nge-lag pasti yang pertama dituju adalah ketersediaan RAM. Hal ini semakin diperparah dengan kapasitas RAM bawaan yang sangat sedikit, misalnya RAM bawaan cuma 512 MB yang mana sangat umum untuk hape keluaran sekitar 4-5 tahun yang lalu.

RAM yang penuh biasanya disebabkan karena membuka terlalu banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan, membuka aplikasi yang terdapat bug-nya sehingga menyebabkan memory menjadi bengkak, dan terlalu banyak memasang widget yang sebenarnya kadang tidak diperlukan.

Meskipun pada kondisi default Android sudah bisa melakukan pembersihan RAM secara otomatis namun tidak ada salahnya jika kamu membersihkan RAM tersebut secara manual. Jika mengalami lag atau android lambat langsung saja bersihkan RAM dengan cara buka task manager kemudian klik bagian RAM dan pilih “Clean Memory”. Selain itu kamu juga bisa untuk menambah RAM android agar kapasitas memori menjadi lebih besar.

Cek kapasitas memori internal kamu

Seiring dengan pemakaian hape terus-menerus, pasti akan semakin banyak data yang masuk ke memori internal. Data tersebut bisa berupa percakapan whatsapp, file foto dan video, cache aplikasi seperti youtube instagram, dan lainnya.

Dengan semakin penuhnya memori internal, maka kecepatan android dalam membaca data juga semakin berkurang. Pada akhirnya Andorid kamu akan lemot, ngelag karena load kecepatan yang melambat. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menginstall aplikasi dan game Android yang benar-benar kamu butuhkan saja. Hapus juga memori internal yang tidak perlu seperti cache, foto-foto whatsapp yang tidak perlu, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *